“Bekasi Culinary Festival 2021 Pulihkan Sektor Kepariwisataan Akibat Pandemi”

  • icon admin
  • icon 9 bulan yang lalu
image

Bekasi Culinary Festival 2021


Bekasi Culinary Festival (BCF) merupakan event kuliner pertama yang diselenggarakan oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kota Bekasi bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi. Bertemakan “Beragam Makanan & Seni Budaya Dalam Satu Acara”, festival ini dilaksanakan bertepatan dengan ulang tahun GenPI Bekasi yang ke-3 sebagai salah satu bentuk dukungan untuk mewujudkan program promosi kepariwisataan daerah Kota Bekasi.

Event BCF ini diadakan karena ingin turut serta dalam mendukung pemulihan industri pariwisata dan ekonomi kreatif (EKRAF) yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Festival kuliner yang mengedepankan kuliner tradisional dan modern dari Kota Bekasi ini akan diselenggaraan secara hybrid (offline & online) melalui Zoom dengan menggunakan link yang bisa diakses pada bit.ly/ZoomBCF2021 dan Youtube pada link bit.ly/YoutubeBCF2021. Juga berlangsung offline dengan tetap mengutamakan prokes sesuai peraturan yang berlaku pada hari Jumat - Minggu, tanggal 5 - 7 November 2021 di Lagoon Avenue Mall Kota Bekasi (Indoor-Outdoor).

Penjelajahan festival kuliner yang diadakan selama tiga hari ini, selain menghadirkan berbagai jenis kuliner dari Kota Bekasi juga menyelenggarakan pertunjukkan kesenian dan kebudayaan dari Kota Bekasi yang diantaranya pertunjukan Angklung, Teatrikan tentang KH. Noer Ali (Pahlawan Kota Bekasi), seni tari dan budaya Palang Pintu, Rebut Dandang, Tebas Tebu, serta Pencak Silat oleh SMA Nasional 1 (NASA School), Sanggar Indra Kusuma dan Sanggar Laskar Betawi Bekasi serta musisi Kota Bekasi dan sekitarnya. Adapun penampilan lainnya yaitu sesi talkshow dari RS Omni mengenai bermasyarakat di masa pandemi, juga talkshow dan atraksi dari berbagai komunitas di Kota Bekasi.

Festival kuliner yang akan dibuka oleh Walikota Bekasi ini merupakan rangkaian acara yang dapat memberikan hiburan, upaya promosi serta pemasaran produk-produk khas Kota Bekasi dari pelaku EKRAF juga UMKM kepada seluruh lapisan masyarakat guna menumbuhkembangkan industri kepariwisataan untuk mencapai pangsa pasar yang diinginkan.

Seperti event kuliner pada umumnya, Event ini juga bermitra dengan berbagai media lokal maupun nasional yang terdiri dari Media Sosial Online dari Bekasi dan Kota lain, juga Media Berita dari Bekasi dan Nasional yakni AnTV. Event ini juga bekerja sama dengan komunitas nasional yaitu Komite Permainan Olahraga Tradisional Indonesia.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, seluruh panitia dan peserta BCF diwajibkan untuk mematuhi prokes dengan memakai masker, memiliki aplikasi Peduli Lindungi dengan syarat sudah menerima 2 dosis vaksin, menggunakan hand sanitizer, serta jaga jarak. Adapun sistem pembayaran dilakukan dengan menggunakan cashless yang akan diarahkan oleh panitia. ( kusnaeni )