Dorong Inovasi Ketahanan Bencana dan Penguatan UMKM di Masa Pandemi, Bappelitbangda Kota Bekasi Gelar FGD

  • icon admin
  • icon 9 bulan yang lalu
image

Acara Focus Group Discussion


Bappelitbangda Kota Bekasi melalui Bidang Penelitian dan Pengembangan menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada hari Selasa (21/9/2021) yang terbagi dalam 3 Sesi. Sesi Pertama dengan tajuk  “Pemetaan Inovasi Sosial Digital Ketahanan Bencana Masyarakat di Kota Bekasi”. Sesi selanjutnya dengan tajuk “Strategi Inovasi Daerah Penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi (Studi Evaluasi Kebijakan Inovasi Daerah Di Kota Bekasi)”. Sesi terakhir dengan tajuk “Penyusunan Road Map Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kota Bekasi”. Kajian ini dihelat sebagai upaya pemetaan potensi inovasi sosial digital ketahanan bencana masyarakat, identifikasi dampak yang ditimbulkan pandemi covid-19 terhadap UMKM di Kota Bekasi serta memetakan kebijakan inovasi daerah Pemerintah Kota Bekasi dalam menjamin keberlangsungan UMKM. Demikian paparan yang diungkapkan Kepala Bidang Litbang Robbie Arfiansyah Putra ketika membuka acara tersebut di Hotel Santika Bekasi Mega City.

Dalam sambutannya, Robbie mengatakan era pandemi covid-19 merupakan momentum bagi Kota Bekasi untuk membuat segala tantangan yang ada menjadi peluang untuk pemulihan perekonomian dan pembangunan Kota Bekasi melalui penguatan inovasi daerah. Selain itu penguatan inovasi daerah diharapkan akan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kota Bekasi. Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Daerah BPP Kementerian Dalam Negeri, Matheos Tan yang hadir secara virtual menyoroti pentingnya Penyusunan Road Map Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kota Bekasi. Road Map Penguatan Sistem Inovasi Daerah merupakan amanat dari Peraturan Bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 03 tahun 2012 dan Nomor: 36 tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi Daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Peneliti Ahli Muda BPP Kemendagri Adi Suhendra mengatakan selaras dengan Visi Kota Bekasi “Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera, dan Ihsan yang dijabarkan dalam misi yang keempat “Meningkatkan dan mengembangkan kualitas kehidupan masyarakat yang berpengetahuan, sehat, berakhlak mulia, kreatif dan inovatif maka Pemerintah Kota Bekasi melalui Bappelitbangda Kota Bekasi bekerjasama dengan BPP Kemendagri berupaya mendorong perangkat daerah Kota Bekasi untuk melakukan inovasi daerah secara berkesinambungan dalam rangka memajukan daerah dan meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut perwakilan dari 24 Perangkat Daerah, Kepala Sub Bidang Sosial dan Pemerintahan Mustopa Basri, Kepala Sub Bidang Inovasi dan Teknologi Vevi Marfiati Arief, dan Kepala Sub Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ahmad Rosid serta pejabat fungsional Peneliti Ahli Pertama di bidang litbang yakni Ranty Purnamasari, M. Riksa P.H., Imansyah Abinda F.,dan  M. Ro’uuf F. (IAF)